Pages

Rabu, 13 Agustus 2014

Usaha sampingan PNS untuk membantu biaya hidup

Dewasa ini banyak terdengar diberita-berita kebutuhan pokok mulai mengalami kelangkaan dan menunjukan kenaikan harga. Banyak kalangan yang mngeluhkan kondisi ini tidak terkecuali para pegawai PNS (Pekerja Negeri Sipil). Tidak semua PNS mendapatkan gaji yang besar. Maka itu dari sekarang para PNS yang mempunyai penghasilan rata-rata harus sudah menyiapkan usaha. Terutama usaha sampingan yang bisa membantu pegawai PNS untuk kehidupan mereka. Jika PNS tersebut memiliki kreatifitas yang tinggi, banyak sekali usaha sampingan PNS yang bisa mereka lakukan.

Kreatif dan jeli dalam menjalankan usaha sampingan
Seperti yang sudah saya utarakan diatas tadi. Jika seseorang ingin menjalankan suatu usaha dia harus bisa kreatif dan jeli dalam melihat peluang. Terutama untuk usaha sampingan PNS yang sejatinya hanya sebagai pengisi waktu luang setelah pekerjaan utama yaitu mengabdi untuk Negara sudah selesai. Banyak usaha sampingan yang bisa dilakukan para PNS setelah mereka selesai bekerja sebagai PNS. Seperti jualan pulsa, buka toko kelontong dirumah, ikut bisnis MLM, rental mobil, bisnis online, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan para PNS dalam menjalankan usaha sampingan. Yang terpenting adalah para PNS harus kreatif, jeli dan tekun dalam menjalankan usaha sampingan yang akan mereka lakukan.

Jalur cepat dan jalur lambat usaha sampingan PNS
Jalur cepat dalam usaha sampingan PNS adalah usaha PNS untuk menambah uang mereka dengan cara yang tidak baik dan tidak terpuji. Para PNS ‘nakal’ ini melakukan segala cara agar napsu mereka terpenuhi. Salah satu usaha sampingan PNS yang tidak terpuji adalah memanfaatkan kedudukan mereka demi kenyamanan hidup mereka. Contoh PNS di bagian pendidikan yang menjadi guru. Dengan menjadi guru mereka dapat memasukan anak-anak mereka dengan mudahnya ke sekolah-sekolah yang mereka pegang.

Usaha sampingan PNS dengan jalur cepat lain dan bisa saya katakan jalur kilat adalah korupsi. Para PNS ini melakukan usahayang sangat tidak terpuji. Mereka melakukan korupsi yang sama halnya dengan mencuri. Dengan kedudukan yang tinggi mungkin banyak staff lain yang tidak mengetahui usaha sampingan yang tidak terpuji ini telah dilakukan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Dan suatu hari nanti PNS ‘nakal’ ini pasti akan mempertanggung jawabkan perbuatan mereka karena melanggar hukum.

Tapi tidak semua PNS buruk, banyak juga usaha sampingan PNS yang aman dan halal. Tetapi cara ini tergolong jalur lambat. Kenapa dikatakan jalur lambat? Karena usaha ini tidak bisa cepat mendapatkan keuntungan secepat korupsi. Usaha ini harus dimulai dari bawah dan untuk memajukan usaha ini butuh waktu yang lama. Walaupun begitu dengan cara ini para PNS akan aman dari jalur hukum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar